Kamis, 30 Januari 2014

TIPS SAAT LEMARI ES TERENDAM AIR (BANJIR)


Jika lemari es  terendam air (banjir) namun tidak sampai terbalik, hal yang harus diperhatikan adalah sebaiknya tidak mengoperasikan lemari es tersebut setelah dibersihkan dari kotoran. Diamkan terlebih dahulu lemari es tersebut hingga benar-benar kering, dan ini butuh waktu yang cukup lama, karena banyak spare part yang tersembunyi/tertutup yang kemungkinan besar masih menyimpan sisa-sisa air.  
Untuk menjemur di bawah sinar matahari adalah tidak mungkin karena biasanya cuaca masih mendung atau malah hujan. Air yang masih tersimpan pada kelistrikan sangat berbahaya jika dialiri arus listrik, bisa mengakibatkan korsleting listrik dan bisa merusak spare part di lemari es.

Namun ... bila rekan-rekan ingin cepat-cepat mengoperasikan lemari es tersebut, bisa mencoba
cara-cara dibawah ini.

Periksalah  kompresor . Bukalah penutup kaki  kompresor, didalamnya terdapat 2 (dua) buah spare part yaitu PTC Relay dan Overload Protector. Lepaskan keduanya, bersihkan dan keringkan (dijemur atau menggunakan hair dryer/pengering rambut). Dan jika rekan-rekan memiliki cairan penetran (contoh WD40), gunakanlah agar hasilnya lebih optimal.



Periksa bagian elektronik. Buka bagian saklar dan fitting lampu, disana biasa bersarang sisa air. Bagian kelistrikan yang lain adalah thermostat. Part ini harus dalam keadaan kering. Jangan lupa untuk membersihkan juga sisa air yang mungkin terjebak pada pipa pembuangan, dan interior kulkas.

Di atas adalah proses untuk lemari es 1 pintu/freezer pintu depan. Cara-cara untuk lemari es 2 pintu atau lebih sama seperti di atas, hanya ada tambahan spare part di sebelah kiri atau kanan kompresor. Biasanya ada Defrost Timer atau PCB Controller.  Pada beberapa model kadang terdapat Fan Motor pendingin kondensor., misalnya Showcase. Bersihkan semua part tersebut dengan cara-cara di atas hingga benar-benar kering. Hati-hati dalam melepas dan memasang kabel-kabelnya, jangan sampai terbalik.

Setelah benar-benar kering semua, pasang kembali ke tempatnya semula. Lemari es siap dioperasikan.
Selamat mencoba!!




Redaksi menanti keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengiriman artikel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih.

7 komentar :

  1. Trmk kasih atas berbagi keluhan kulkas terendam Top Jaya mantul

    BalasHapus
  2. Terima kasih atasinfonya bos...

    BalasHapus
  3. kalau freon nya yang mati biasanya berapa yah biaya servisnya

    BalasHapus
  4. saya sangat mengharapkan informasinya

    BalasHapus
  5. Kulkas 2pintu saya terendam banjir seminggu lalu, smua komponen sudah dibersihkan & dikeringkan dgn drayer, tetapi pd bagian freezer saat ini ada bunga es, apa ada komponen yg rusak?

    BalasHapus
  6. Dua hari yg lalu kulkas saya terendam banjir dan dinyalakan tapi tidak dingin itu apanya yg rusak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yg sama, tolong dija ab dong min,,

      Hapus