Rabu, 29 Januari 2014

CARA BACA SERIAL NUMBER KULKAS TOSHIBA

Kadang ada konsumen yang mengeluhkan produk yang dibelinya mungkin adalah barang produksi tahun lalu, saat dia menemukan sedikit karat pada handle pintu. Sebagai seorang teknisi,
yang menemui kasus ini, adalah wajib menyampaikan tanggal produksi dari produk yang dimaksud. Hal ini untuk mengetahui kebenaran dari keluhan konsumen.

Dari mana kita tahu kapan barang tersebut diproduksi? Beberapa produk memang wajib mencantumkan tanggal produksi, contohnya produk food, atau makanan konsumsi. Hal ini karena produk tersebut dapat rusak dan menjadai tidak layak konsumsi. Untuk produk kulkas, tidak ada kewajiban untuk mencantumkan tanggal produksi.  karena bukan kategori pangan.



Lalu apakah tidak ada cara untuk melacak tanggal produksi? Ternyata tiap unit yang diproduksi memiliki kode unit yang disebut serial number. Kode ini ditempel pada body, kardus, dan kartu garansi. Serial number adalah "Akte Kelahiran" bagi tiap produk.

Bagaimana mengartikan kode tersebut? Serial number tidak ditulis secara eksplisit, melainkan memakai kode khusus, sehingga perlu sedikit usaha untuk mengartikannya.

Berikut adalah cara membaca Serial Number:
  1. Tiga digit pertama (angka dan huruf sebelum tanda min / -) adalah kode dari model. Sebagai contoh K14 adalah model HF. GF-K149, Kode N8H adalah kode utuk model N185BCH.
  2. Dua digit setelah tanda minus adalah kode warna. Contoh 18 adalah kode warna untuk SS, 29 adalah kode warna untuk TG.
  3. Digit ketiga adalah Tahun Produksi. Digit ini selalu berupa huruf. Huruf A adalah tahun 2010, huruf B adalah 2011 dan seterusnya.
  4. Digit keempat adalah Tanggal Produksi. Digit ini bisa berupa angka atau huruf. Angka 1 sampai 9 adalah tanggal 1 sampai 9. Untuk tanggal 10 diwakili oleh huruf A, 11 diwakili huruf B dan seterusnya sampai tanggal 31 yang diwakili huruf V.
  5. Digit kelima adalah Bulan Produksi. Untuk bulan Januari hingga September diwakili angka, urut dari 1 hingga 9, sdangkan mulai bulan Oktober diwakili oleh huruf, dimulai dari A.
  6. Lima digit selanjutnya adalah Produksi ke-n. Ini mirip dengan anak ke sekian pada suatu keluarga.

Demikian tutorial singkat ini semoga bermanfaat.

Redaksi menanti keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengirimkan artikel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih

Tidak ada komentar :

Posting Komentar