Senin, 27 Januari 2014

Stand by, Tidak Dapat Diperintah Lewat Remote PS20 Series

Rekan-rekan
Berikut adalah technical tip untuk LED PS20 series.  Dengan  keluhan  televisi tidak bisa diremote. 

Faktanya  sebagian besar konsumen tidak pernah menghidupkan televisi melalui tombol manual, apalagi jika terpasang di dinding yang sulit dijangkau. Atau kadang posisi panel terkunci.

Jika  menemui keluhan Televisi stand by langkah pertama yang
dilakukan adalah mencoba menghidupkan melalui panel. Kemudian  memeriksa fungsi dari remote. Untuk memeriksa apakah remote berfungsi atau tidak dapat dilihat pada artikel sebelumnya.
Disarankan teknisi selalu membawa remote sebagai “alat perangnya” . Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa TV benar-benar rusak, bukan karena konsumen tidak bisa menggunakan.

Jika ternyata Remote dalam kondisi OK, atau dicoba menggunakan remote lain televisi tetap tidak bisa dihidupkan maka kerusakan mungkin ada di dalam unit.
Komponen yang sering dicurigai bermasalah adalah receiver infra red, yaitu sebuah penerima sinyal infra red yang berbentuk kecil, berkaki tiga. Untuk LED TV, letak kaki ground biasanya pada bagian pinggir, bukan bagian tengah seperti pada televisi CRT. Untuk kasus tidak bisa diremote, pada unit LED TV biasanya yang bermasalah adalah capsitor nilai dengan 104/50 Volt. Biasanya short, sehingga saat receiver menerima sinyal dari remote maka sinyal tersebut akan digroundkan dan unit seakan-akan tidak menerima perintah.

Berikut adalah posisi dari capasitor yang sering bermasalah.



Pada praktiknya capasitor tersebut boleh tidak diganti, atau lepaskan saja. Atau jika konsumen tetap menginginkan part tersebut terpasang, ganti part tersebut dengan capasitor mylar  atau ceramic. Atur sedemikian hingga agar dapat masuk ke chasing dengan rapi.
Redaksi menanti keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengiriman artikel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar