Jumat, 10 Januari 2014

Cara Menonaktifkan dan Mengaktifkan Fasilitas Self Cleaning pada AC Toshiba


Sejak diluncurkan AC UKP Series timbul sedikit “gangguan” pada unit ini. “Gangguan” itu adalah adanya keluhan tidak berfungsinya remote . Hal ini dikarenakan adanya uap air yang menyebabkan salah deteksi selektor frekuensi remote. Karena remote dapat bekerja pada dua frekuensi yang berbeda, maka pada unit terdapat juga selektor agar
frekuensi yang diterima sesuai.

Pada AC UKP Series dilengkapi dual frekuensi remote. Maksudnya, jika pada satu ruang terdapat 2 unit AC Toshiba, maka tidak akan terjadi saling ganggu dalam pengoperasian unit. Pada model lama, saat kita ingin mengatur salah satu AC pada ruang yang sama, kita kadang menggunakan tangan untuk “menuntun” arah sinar infra red remote. Dengan adanya dua frekuensi kerja pada sau unit kita bisa setting unit pertama beroperasi pada frekuensi A dan unit kedua beroperasi pada frekuensi B.
Untuk cara merubah frekuensi pada remote dan pada unit ke frekuensi yang berbeda akan dibahas pada artikel Cara Merubah Remote ke Frekuensi B
Untuk mencegah uap udara yang menyebabkan kelembaban yang tinggi, ditambahkan satu fungsi baru yaitu Self Cleaning. Fungsi ini mulai dipakai pada UKPX-4 Series dan sesudahnya. Fungsi ini akan otomatis menghilangkan embun pada evaporator saat dimatikan. Diharapkan embun yang terjebak di evaporator segera turun, dan mencegah berkembangnya jamur.
Fungsi Self Cleaning hanya akan beroperasi jika unit telah hidup pada posisi cool, minimal 20 menit. Hal ini dikarenakan setelah bekerja 20 menit atau lebih telah terbentuk cukup banyak embun pada evaporator. Saat unit dimatikan, maka yang terjadi adalah louver menutup, dan fan indoor akan tetap berputar kurang lebih 20 menit, lalu mati total.
Ternyata ada beberapa konsumen yang tidak menginginkan fungsi ini. Untuk mematikan fungsi ini secara sementara adalah dengan memencet tombol power sekali lagi. Jadi saat dimulai proses Self Cleaning, tekan tombol power sekali lagi agar unit AC mati. Kejadian ini berlaku setiap unit dioperasikan, sehingga ada kesan ribet.
Bagi sebagian orang mematikan unit dengan memencet power sebanyak dua kali adalah merepotkan. Ada konsumen yang meminta menonaktifkan fungsi ini secara permanen. Sebelum mematikan fungsi Self Cleaning teknisi diminta memberi informasi kegunaan fungsi membersihkan evaporator akan hilang, yang otomatis mempercepat periode pencucian AC.
Untuk mematikan fungsi Self Cleaning jalankan cara berikut:
Hidupkan indoor unit.
Tekan Temporary button pada panel depan indoor unit selama 20 detik. Pada detik ke 3, kita akan mendengar nada beep 3 kali yang artinya merubah posisi ke auto restart atau sebaliknya. Tetap tekan tombol temporary hingga didengar nada beep sebanyak 5 kali. Kini unit sudah tidak mempunyai fungsi Self Cleaning. Karena tadi kita merubah status Auto Restart maka tekan tombol temporary selama 3 detik untuk mengembalikan status auto restart ke posisi semula.
Untuk menghidupkan kembali fungsi Self Cleaning, tekan tombol temporary selama 20 detik. Jangan lupa mengembalikan status auto restart dengan menekan tombol temporary selama 3 detik.
Demikian sedikit informasi, Semoga dapat membantu.

Redaksi menanti keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengiriman artikel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih.

3 komentar :


  1. اخي بداية يجب التنوية انه يجب القيام بتنظيف كافة مكيفات المنزل بشكل سنوي مع دخول فصل الصيف فهذا يقلل كثير من النفقات بعد ذلك لانة يزيل كافة الاتربة والاوساخ من علي المكيفات فيقلل الجهد المبذول من الكمبروسر مما يساعد علي توفير كبير في الكهرباء بالاضافة الي اطالة العمر الافتراضي للمكيف
    شركة تنظيف مكيفات بالرياض
    صيانة مكيفات بالرياض

    BalasHapus