Senin, 13 Januari 2014

Tips Menggunakan Rice Cooker

Rice Cooker atau penanak nasi elektronik adalah sesuatu yang sering dijumpai pada sebuah keluarga. Rice Cooker dipakai oleh semua kalangan ekonomi. Kemudahan yang ditawarkan adalah salah satu alasan pemakaian rice cooker.
Saat ini kita tidak dipusingkan lagi dengan cara menanak nasi dengan cara lama, menggunakan panci di atas kompor. Saat kita menanak nasi menggunakan rice cooker, kita dapat menyiapkan lauk teman nasi.

Walaupun penggunaannya mudah namun sering terjadi kesalahan pemakaian. Perlu diketahui, Rice Cooker lebih didesain untuk menanak nasi, bukan menyimpan nasi dalam waktu lama. Rice cooker maksimal dapat menyimpan nasi dalam waktu enam jam, selebihnya nasi akan menjadi tidak layak konsumsi. Hal ini berbeda dengan Magic Jar atau Magic Com. Pada Magic Jar dan Magic Com terdapat pula bagian untuk menampung uap air yang terbentuk selama penyimpanan, sedangkan Rice Cooker tidak dilengkapi alat ini.

Berikut adalah tips pemakaian Rice Cooker:
  1. Gunakan selalu rice cooker sesuai dengan petunjuk pemakaian yang disertakan seperti cara menghidupkan dan mematikan rice cooker.
  2. Pada saat nasi hanya tersisa sedikit matikan Rice Cooker dan buka tutupnya. Yang dimaksud nasi tinggal sedikit adalah jumlah nasi yang tersisa tidak memenuhi dasar bagian dalam rice cooker.
  3. Bersihkan tempat tanak nasi dengan cara memasukkan air ke dalam panci selama 5 ~ 10 menit, agar nasi sisa yang lengket pada bagian sisi bawah atau samping dengan mudah di keluarkan / dibersihkan.
  4. Pakailah hanya air biasa untuk membersihkan dan bilas tempat tanak nasi sampai kondisi bersih, jangan menggunakan sabun atau deterjen agar tempat tanak nasi awet dan tidak menimbulkan bau pada nasi waktu proses tanak nasi.
  5. Tempatkan rice cooker pada tempat yang aman, sedikit jauh dari jangkauan anak-anak di bawah lima tahun dan mudah pada saat menanak atau menyiapkan nasi buat keluarga.

Demikian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat.
Redaksi menanti keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengirimkan artikel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih

1 komentar :