Senin, 23 Februari 2015

Freezer Mencair saat Dimuati Beban



Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat menangani sebuah freezer  yang sedikit  “bandel”. Saat datang freezer  telah dikerjakan oleh bengkel  lain. Hal ini saya simpulkan dari kondisi evaporator  yang  telah telah dililit ulang menggunakan pipa ukuran ¼. Dan diperkuat juga dari sedikit bincang-bincang dengan pemilik. Menurut baliau, awal mulanya tanpa sengaja evaporator tertusuk obeng. Kejadiannya bermula saat mengambil es batu yang terperangkap bunga es. Karena susah maka pemilik menggunakan obeng untuk mencongkel bunga es. Karena kurang berhati-hati evaporator tertusuk sehingga refrigerant keluar dan freezer menjadi tidak berfungsi.

Karena keterbatasan dana saat itu, freezer sementara waktu tidak dipakai. Dan setelah terkumpul sedikit dana, pemilik memilih memanggil seorang kenalan yang katanya bisa memperbaiki freezer. Dan  jadilah evaporator tersebut  dimodifikasi dengan memakai pipa yang dililit dibagian bawah permukaan evaporator.
Secara teori hal ini sebenarnya diperbolehkan, tapi tentu saja dari nilai estetika hal ini sangat tidak bisa diterima. Rasanya ada yang “gak sreg” di hati. Apalagi  ternyata saat dicoba ternyata masih ada kekurangan dari hasil pengerjaan ini. Saat dicoba tanpa beban, freezer bekerja dengan baik, evaporator terasa kering saat dipegang. Tapi saat dibebani beberapa bungkus air ukuran sekiloan, bunga es yang tadinya bagus ternyata pelan tapi pasti mulai tampak menghilang. Dan permukaan evaporator menjadi basah. Ups,…
Permasalahannya, Pemilik freezer sudah berpesan jika bahwa beliau tidak mempunyai dana yang cukup jika harus mengganti evaporator. Hmm okelah saatnya beraksi….
Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengosongkan refrigerant. Kemudian dengan gas nitrogen saya mulai membersihkan tiap bagian. Bagian pertama yang mendapat giliran pembersihan adalah evaporator hingga pipa balik. Kondensor adalah bagian yang saya bersihkan. Langkah selanjutnya memeriksa kondisi oli kompresor. Oli kompresor bisa saja kemasukan air saat terjadi kebocoran sebelumnya. Seperti yang saya duga, ternyata olinya sudah berwarna hijau. Dan pengurasan olipun dilakukan. Setelah semua terkuras, kemudian digantikan dengan oli baru.
Sekarang saatnya melakukan perakitan,… Karena kondisi kapiler yang berpotensi menimbulkan kebuntuan maka pipa kapiler saya ganti juga. Seperti  biasa filter dryer juga diganti. Hal ini dikarenakan adanya bahan non refrigerant yang sempat masuk ke bagian sirkulasi.  Semua part sudah terpasang, kemudian saatnya vacuuming,  15 menit sudah cukup mengeluarkan udara dari sistem. Kemudian 30 menit didiamkan dalam kondisi vacuum selama 30 menit. Karena tidak terjadi kebocoran maka segeralah dilakukan pengisian refrigerant.
Setelah pengisian selesai, dilakukan ujicoba. Sekitar 12 bungkus air sekiloan, dimasukkan ke dalam  freezer. Karena hari itu saya ada tugas kunjungan ke konsumen, maka unit saya tinggal. Saya baru punya kesempatan memeriksa esok harinya. Kalo dihitung, kurang lebih 20 jam. Pintu freezer dibuka dan,…. Taraaaaaaa semua bungkusan air sudah menjadi es batu.
Setelah disegel, unit memasuki tahapan heat run. Hingga sehari ke depan unit akan dimuati sejumlah beban baru. Dan jika berhasil unit akan dikembalikan ke konsumen.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar