Senin, 09 Februari 2015

Panel Lock pada 32PB2E

Beberapa saat yang lalu pernah saya posting sebuah kerusakan pada model 40AL, saat ini saya menemukan gejala yang sama pada model 32PB2E.Berbekal dari pengalaman terdahulu maka saya langsung mencoba mencari kapasitor pada jalur key in.Dan saat mainboard saya pegang ternyata jalurnya berbeda dan jalur terhenti di tengah jalan.Hal ini karena pemakaian multilayer PCB.
Hmm… setelah sempat berhenti sebentar. Saya coba mengamati mainboard model lain yang ternyata jalur key in terletak pada sekitar FL104.

Pemeriksaan terhadap kapasitor di daerah FL104 da FL105 tidak membuahkan hasil yang menggembirakan.Kapasitor ternyata tidak rusak. Dan seperti artikel sebelumnya maka pemeriksaan saya lanjutkan dengan melepaskan switch push. Dan saat diperiksa dengan multimeter ternyata switch telah menunjukkan nilai 200K padahal posisi switch open. Hmm… akhirnya penggantian switch push dilakukan untuk mengakhiri perbaikan ini. Setelah dilakukan heat dan run   lakukan touch up dan unit siap dikembalikan.

Demikian tutorial kecil ini, semoga bermanfaat.


Redaksi menerima artikel untuk pengembangan blok ini dengan mengirim email ke service.topjaya@gmail.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar