Senin, 16 Februari 2015

Merawat Kompor Glacio

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang paling kotor.Dari berbagai alat yang ada kompor menempati urutan terkotor setelah refrigerator. Kotoran pada kompor timbul pada saat digunakan. Tumpahan lemak dan minyak sangat mudah terjadi, dan akan menjadi kerak karena mendapat panas dari burner. Begitu pula tumpahan kuah, dan serpihan beberapa bahan masakan. Bagian kotor ini akan menjadi susah dibersihkan dan akan menjadi kerak.

Setelah menjadi kerak, ada perasaan enggan atau malas untuk membersihkan.Hal ini karena pekerjaan membersihkan kompor adalah pekerjaan yang membosankan.Akan tetapi dengan menggunakan bahan kimia tertentu maka pekerjaan ini sangat mudah dilakukan. Beberapa bahan kimia tersebut telah dikemas  dan telah dikomposisikan dengan bahan lain sehingga lebih wangi dan mudah dipakai. Bahan utama yang sering dipakai antara lain H2O2.

Akan tetapi berikut adalah cara mudah lainnya jika tidak ditemukan bahan kimia H2O2.Cara pertama adalah penggunaan air panas.Panaskan sejumlah air lalu tempatkan pada wadah yang besar.Lepaskan bagian yamg sering terkena noda ke dalam air panas.Diamkan  kurang lebih 30 menit. Gunakan sikat gigi bekas untuk melakukan pembersihan kerak yang ada. Jika ternyata noda masih membandel, gunakan sedikit sabun detergen pada bagian yang akan dibersihkan.

Jika cara pertama tersebut tidak membuahkan hasil maka gunakanlah cara berikut. Campurkan air ke baking soda sehingga terbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian noda, lalu bersihkan dengan lap basah. Kerak dan noda minyak yang  biasa terjadi pada bagian body kompor gas dan tatakan akan dengan mudah rontok.

Demikian tutorial kecil ini, semoga bermanfaat.


Redaksi menerima artikel untuk pengembangan blok ini dengan mengirim email ke service.topjaya@gmail.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar