Minggu, 25 Januari 2015

40AL Timbul Tulisan Panel Lock

Fungsi dari panel adalah untuk menonaktifkan fungsi tombol yang ada pada unit televisi. Dengan adanya fungsi ini unit tidak dapat dioperasikan melalui tombol pada unit televisi. Hal ini menguntungkan bagi beberapa orang karena tidak akan ada kekhawatiran siaran hilang karena salah pencet. Misalnya hotel, pasti tidak menghendaki pengunjungnya mengubah urutan channel atau melakukan tuning ulang.

Namun saat terjadi kerusakan pada bagian input key in. maka akan tampil tulisan panel lock pada unit televisi, walaupun saat itu kita tidak memencet tombol pada pesawat televisi. Jadi seakan-akan ada yang sedang memencet tombol televisi. Hal ini dikarenakan adanya perubahan nilai tegangan pada key in. Mengapa bisa terjadi perubahan tegangan? Hal pertama mungkin dikarenakan adanya kerusakan komponen. Yang kedua mungkin terjadi kerusakan karena korosi pada saklar. 
Kerusakan komponen yang terjadi biasanya capasitor pada jalur key in. pada kasus ini C192. Cukup lepas kapasitor ini, tidak perlu dipasang penggantinya. Letak kapasitor ini dekat dengan posisi soket kabel. Sedang jika terjadi korosi pada saklar, untuk mendeteksinya lepas satu-satu saklar, lalu ukur dengan posisi saklar 10KX. Jika jarum multimeter bergerak berarti rusak. Ganti semua tombol dengan komponen yang baik.

Demikian tutorial ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar