Minggu, 16 Februari 2014

BUNGA ES PADA EVAPORATOR DAISEKAI

Keluhan timbul bunga es pada evaporator biasanya diketahui pada hari Senin. Mengapa paling sering dijumpai hanya pada hari Senin?
Jangan heran atau menghubungkan dengan hal-hal gaib atau supra natural.

Perlu dicari dulu penyebab keluhan adanya bunga es pada evaporator. Biasanya saat timbul bunga es pada evaporator kecurigaan langsung mengarah pada kebocoran pipa atau sambungan, yang berakibat berkurangnya jumlah freon pada system pendingin.

Olala,.. khusus untuk model Daisekai, hal ini tidak sepenuhnya benar. Silakan periksa ulang tekanan dengan menggunakan manifold. Kemungkinan besar tekanan gas masih normal, berkisar 70 -80. Biasanya teknisi akan mematikan unit kemudian hanya membersihkan evaporator dengan cara mengguyur evaporator menggunakan air hangat. Dan menganggap kasus selesai. Lalu mengapa bisa timbul bunga es?

Bunga es yang terbentuk pada evaporator untuk kasus ini biasanya dikarenakan adanya pendinginan yang terus menerus. Kasusnya adalah saat indoor telah dimatikan melalui remote, outdoor unit masih bekerja. Pada normal pemakaian fan indoor akan menyalurkan udara dingin yang terbentuk ke seluruh ruangan. Sehingga bunga es tidak sempat terbentuk. Saat hari Sabtu sore unit dimatikan, sebenarnya outdoor masih bekerja. Kejadian ini akan membuat pendinginan tetap berlangsung. dan menimbulkan tumpukan bunga es. Dan pendinginan tetap berjalan pada hari Minggu. Dan saat hari Senin, barulah ketahuan ada banyak bunga es pada evaporator. (Ini terjadi pada unit yang dipakai di kantor)

Lalu apakah penyebab terjadinya bunga es pada evaporator Daisekei? Hal ini disebabkan kerusakan pada PCB control. Saat indoor dimatikan seharusnya relay outdoor akan memutuskan hubungan daya. Nah.. dalam kasus ini relay tetap hidup, sehingga pasokan daya ke outdoor unit tetap terjaga. Penggantian PCB indoor pasti dapat menyelesaikan masalah ini. Tapi bagaimana jika PCB tidak tersedia?

Berikut adalah tips mengatasi keluhan bunga es pada evaporator Daisekai. Pada PCB indoor sebenarnya terdapat satu IC Switch yang di dalamnya terdapat 2 buah switch. Untuk mematikan dan menghidupkan Relay outdoor hanya dibutuhkan 1 buah switch. Jadi kita bisa memanfaatkan sisa  switch tersebut.


Caranya adalah memutuskan jalur pada PCB seperti pada gambar di atas. Kemudian memasang sebuah jumper pada posisi yang ditunjuk. Sekarang unit dapat bekerja menggunakan switch yang tidak terpakai sebelumnya.

Selamat mencoba..
Redaksi menanti keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengirimkan artikel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih

Tidak ada komentar :

Posting Komentar