Kamis, 06 Februari 2014

Troubleshooting Problem Pada Symptom “No Audio/Sound Defect”






Keluhan tidak keluar suara saat unit dioperasikan belum tentu dikarenakan kerusakan pada unit.Setiap unit TV saat ini memiliki kemampuan untuk tidak menampilkan suara saat dideteksi kualitas suara yang rendah.Hal ini diharapkan suara yang keluar dari Televisi senantiasa terjaga kualitasnya.




Saat kualitas siaran televisi yang diterima rendah atau terjadi gangguan maka televisi  tidak akan menampilkan suara. Hal ini sering membingungkan pelanggan, yang rusak  televisinya atau receivernya?

Untuk melakukan diagnosis masalah ini berikut adalah langkahnya:


  1. Lakukan pengaturan melalui remote.Periksa apakah volume sudah dibesarkan, dan periksa settingan audio lainnya.Jika berhasil maka problem selesai.Jika tidak lakukan langkah berikutnya.
  2. Periksa input yang lain, apakah kerusakan terjadi  pada semua sumber input atau hanya sebagian. Jika terjadi pada semua input lakukan langkah ketiga. Jika terjadi pada sebagian input, lakukankah upgrade data. Jika upgrade data tetap tidak menyelesaikan masalah ganti main assy.
  3. Langkah ketiga adalah memeriksa kondisi power supply, Apakah telah ada  tegangan 13 Volt (VCC Audio bisa berbeda, sesuai model) pada power board? Jika ternyata VCC Audio sudah ada, maka ganti Main Assy. Jika ternyata VCC audio tidak tersedia maka ganti power board.

Sebagai catatan pada saat menerima keluhan ini, pastikan unit tidak dioperasikan melalui headset.Periksa juga lobang untuk headset, pastikan tidaka ada konektor headset tertinggal atau patah di dalam.Saat unit dioperasikan bersama unit pendukung, pastikan kabel telah terhubung dengan benar. Dan pastikan pula kabel dalam kondisi baik.

Selamat mencoba..
Redaksi menanti keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengirimkan artikel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih

Tidak ada komentar :

Posting Komentar