Jumat, 02 Januari 2015

Hembusan Udara Sejuk dan Sehat

Tujuan utama pemakaian AC pada suatu ruang adalah memperoleh kesegaran udara yang sehat. Dan untuk mencapai maksud tersebut perlu diperhatikan faktor perawatan unit. Pada perawatan unit AC yang perlu mendapat penekanan adalah faktor kebersihan. Kebersihan unit sangat tergantung pada kebersihan areal pemasangan unit. Unit yang dipasang di kamar tidur dan di kamar makan tentu memilikii kadar kebersihan unit yang berbeda.

Untuk menjaga kebersihan unit AC perlu dilakukan perlakuan khusus. Perlakuan tersebut dipisahkan menjadi dua macam, yaitu yang dapat dilakukan sendiri oleh pemakai dan bagian yang harus dilakukan oleh tenaga terlatih. Pemakai  dapat melakukan pembersihan pada bagian filter. Pada tiap unit senantiasa memiliki dua buah filter yang dapat dengan mudah dibersihkan oleh pemakai. Cara membersihkan filter ini, dapat dilakukan dengan bantuan vaccumcleaner atau dengan cara dicuci langsung di air mengalir lalu dikeringkan.
Pada beberapa unit terdapat pula filter elektrik yang proses pembersihannya sedikit berbeda dengan filter udara. Untuk model yang memiliki filter elektrik, setelah dilepas dari unit, masukkan filter tersebut ke dalam air hangat bersabun. Kacaukan air agar kotoran yang menempel pada filter rontok. Setelah terlihat benar-benar bersih, tiriskan atau jemur. Proses menjemur ini juga meregenerasi filter agar tetap mampu melakukan filterisasi dengan baik.
Untuk membersihkan bagian unit lainnya harus dilakukan oleh tenaga terlatih. Bagian yang harus dibersihkan meliputi tiga bagian yaitu evaporator, fan indoor (sirocco) dan kondensor (outdoor unit). Pada pembersiahan bagian evaporatorsering digunakan cairan kimia. Biasanya dipakai cairan H2O2. Cairan ini dapat membersihkan kotoran dengan cara mengikis permukaan evaporator sehingga dapat mengakibatkan kebocoran pada pemakaian jangka panjang.
Pembersihan evaporator cukup menggunakan air dingin atau air panas. Boleh pula dipakai sabun cair. Pemakaian sabun dapat dicampur pada air cucian atau langsung diaplikasikan pada evaporator. Pada saat melakukan penyemprotan perlu diperhatikan arah semprotan air. Arah yang benar adalah dari atas ke bawah atau sebaliknya atau secara vertikal. Jika disemprot secara horisontal maka akan mengakibatkan sirip rebah.  Jika sirip rebah maka akan menghambat aliran udara. Gunakan sisir evaporator untuk merapikannya.
Sering pula ditemui bagian dalam evapotator masih kotor. Untuk menjangkau bagian ini kadang perlu dilakukan penurunan unit. Pada beberapa kasus sering timbul tumpukan kotoran yang menggumpal mirip pasta atau jelly. Kotoran ini sulit dibersihan pada posisi terpasang. Lihat gambar bagian belakang evaporator yang kotor berikut ini:

Untuk membersihkan fan indoor perlu perlakuan khusus. Karena letaknya dibalik evaporator sering bagian ini tidak dibersihkan dengan benar. Padalah bagian inilah yang dapat menyebarkan udara dingin ke seluruh ruangan. Untuk membersihkan bagian fan inddor gunakan sebuah obeng untuk menahan fan agar tidak berputar saat terkena semprotan air. Pada beberapa kasus, jika   tidak ditahan malah menimbulkan kerusakan pada fan motor indoor. Hal ini dikarenakan timbulnya induksi yang merusakkan rangkaian pengendali kecepatan putaran motor.
Setelah unit AC bagian dalam bersih kita beralih ke bagian kondensor atau outdoor. Pada bagian ini yang perlu dicuci adalah kondensor. Bentuknya yang simple jarang menimbulkan masalah. Yang menjadi kendala biasanya adalah letak outdoor unit yang sulit dijangkau. Jadi seyogianya dipikirkan peletakan outdoor yang baik agar mudah dicuci atau saat perbaikan.

Setelah dilakukan pembersihan unit maka udara sejuk dan sehat dapat dirasakan kembali oleh pemakai. Pembersihan unit selanjutnya dilakukan jika hembusan udara mulai berkurang padahal kecepatan fan sama. Untuk pembersihan filter dapat dilakukan secara berkala. Peran pemakai sangat diperlukan pada tahap ini.
Demikian catatan singkat ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar