Sabtu, 13 Desember 2014

24P2300 NO SOUND


Pada artikel sebelumnya kita membahas tentang kerusakan pada 24PS10. Kerusakan yang disebabkan oleh tegangan 12 Volt yang berkurang. Pada bahasan kali ini dijumpai lagi kerusakan pada power supply. Kali ini gejala yang tampil adalah tidak ada suara. Diagnosis awal mengarah pada kerusakan di mainboard. Hal ini juga diperkuat dengan gejala lain yang ikut tampil yaitu kadang menjadi gelap, tetapi backlight tetap nyala.
Seperti pada kerusakan 24PS10, langkah pertama yang diambil adalah mengukur tegangan yang terdapat pada pin-pin power supply. Dan ternyata didapati bahwa jalur tegangan 13 Volt hanya terukur 10 Volt. Dan saat pin tersebut tidak dihubungkan ke mainboard, tetap terukur 10 Volt. Kembali powerboard yang bermasalah.
Sekarang saatnya mengusut komponen mana yang menjadi biang keladi. Dari rework exercise diketahui jalur tersebut dihandle oleh sebuah FET dengan kode D3752 berlokasi Q867. Dengan penggantian D3752 tegangan stabil kembali dan suara tampil kembali. Setelah touch up dan heat run, televisi siap dipakai.

Demikian sedikit tutorial ini, semoga bermanfaat.
Redaksi menerima artikel untuk mengembangkan blog ini dengan mengirimkan artikel melalui email service.topjaya@gmail.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar