Senin, 19 Januari 2015

Penambahan Audio Out

Berawal dari keluhan seorang konsumen yang meminta ditambahkan fasilitas audio out pada unit televisinya, maka rangkaian ini saya buat. Seperti biasa rangkaian saya buat agar dapat dipergunakan dan tidak merusak mainboard. Rangkaian sederhana ini dimaksudkan agar televisi dapat dihubungkan ke perangkat amplifier. Saya sudah menjelaskan agar input yang masuk ke amplifier berasal dari receiver atau dvd player saja. Dan ternyata konsumen menolak.

Akhirnya jadilah sebuah rangkaian sederhana pada sebuah PCB kecil yang mudah disisipkan pada unit LED. Karena saya tidak mau mengutak-utik mainboard maka saya ambil sinyal dari output audio power amplifier atau kabel speaker. Jadi kabel yang biasanya menancap ke mainboard dimasukkan ke PCB dan sebuah kabel disambungkan ke mainboard.
Saat soket headphone dicolok, maka audio yang tadinya keluar melalui speaker akan diputus dan diturunkan kekuatannya melalui sebuah resistor dan masuk ke amplifier. Kabel yang dipakai untuk menghubungan unit ke amplifier adalah jack mini to RCA. Pemasangan saya sematkan pada bagian panel belakang, ringkas dan bermanfaat.


Redaksi menerima artikel untuk pengembangan blok ini dengan mengirim email ke service.topjaya@gmail.com

3 komentar :

  1. klo langsung ke speaker aktiv bagaimana caranya mohon pencerahanya

    BalasHapus
  2. Sdr Anto Uka, untuk modifikasi seperti artikel disarankan hanya untuk unit yang telah lepas garansi.
    Dengan adanya tambahan audio out Sdr Anto Uka dapat menyambung ke perangkat audio lain seperti Speaker aktif atau amplifier

    BalasHapus
  3. topjaya dimana ya yang bisa merubah tv saya menjadi ada audio outputnya...karena saya telp ke topjaya bogor tapi tidak mao membuatkan malah disuruh cari tukang service tv lainnya,...tv saya toshiba led 23s2400..trima kasih

    BalasHapus