Selasa, 02 Desember 2014

Tidak Terima Siaran pada 24PS10


Perbaikan kali ini akan membahas keluhan tidak terima siaran pada televisi model 24PS10. Pada saat dilakukan searching didapati tidak munculnya raster, layar hanya gelap dan ada sedikit garis-garis di bagian kiri layar. Setelah ditunggu, hingga proses searching selesai ternyata tidak didapat siaran satupun. Kecurigaan langsung mengarah ke Mainboard, karena semua gejala mengarah ke part ini. 



Langkah perbaikan yang diambil adalah melakukan pengukuran pada soket power supply. Dari hasil pengukuran ternyata diperoleh data tegangan 12 Volt VSign terukur hanya 10,6 Volt. Saat dicoba tanpa mainboard ternyata tetap saja tidak terjadi kenaikan tegangan tersebut. Ternyata kerusakan ada pada power board.Part tersebut adalah POWER UNIT, N060R003L dengan part number 75024845-S.Sekarang kita coba saja untuk melakukan repair pada board ini. Hal ini dikarenakan board tersebut sudah dalam kondisi over guarantee dan sudah atas persetujuan pemilik. 


Langkah yang dilakukan adalah melakukan rework exercise, atau mengurutkan jalur tegangan 12 Volt tersebut. Dan ternyata sebuah regulator/stabiliser dipakai untuk mengendalikan tegangan ini. Komponen aktif yang dipakai pun cukup sederhana yaitu sebuah FET dengan kode D4185 buatan omega alpha. Lokasinya Q102. Setelah dilakukan pengukuran terhadap FET yang telah dilepas ternyata hambatan pada pin D dan S menunjukkan ketidakberesan. Akhirnya digantilah FET tersebut,dan hasilnya tegangan 12 Volt tampil secara baik. 

Setelah dilakukan uji coba ke mainboard ternyata unit berjala normal, dan dapat menerima siaran dengan baik. Lakukan touch up dan unit siap heat run. 

Demikian sedikit tutorial ini, semoga bermanfaat.
Redaksi menerima artikel untuk pengembangan blok ini dengan mengirim email ke service.topjaya@gmail.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar