Sabtu, 05 Juli 2014

Baut atau Skrup?


Sebagian dari teknisi tidak mengingat atau menandai dimana lokasi skrup yang baru saja dilepas. Dan saat memasang ulang jadi bingung, dimana lokasi baut atau skrup itu berasal. Dalam artikel sederhana ini akan dibahas tentang bagaimana cara menentukan lobang tersebut harus diisi baut atau skrup. 


Sebelum lebih jauh,  perlu diketahui perbedaan dari baut dan skrup adalah jenis ulir yang ada pada badan baut dan skrup. Pada baut biasa dijumpai ulir yang lebih halus dibandingkan ulir yang terdapat pada skrup. Kita sering menyebut drat halus untuk baut, dan drat kasar untuk skrup
Sebenarnya yang perlu diingat bukan hanya skrup atau baut, tapi juga jumlah dan ukuran panjang atau pendeknya. Karena ada beberapa model jika dipasangkan ukuran baut atau skrup akan menyebabkan PCB pecah dan menimbulkan masalah baru.


baut dan skrup


Untuk mengetahui baut atau skrup manasaja yang harus dilepas saat membuka cover dapat dilihat adanya tanda anak panah pada lokasi baut atau skrup tersebut. untuk baut dan skrup yang tidak ditandai berarti tidak perlu dibuka saat membuka cover.

Nah pada saat akan memasang lagi, sering sebagian dari kita bingung, isinya baut atau drat. Jika ada unit lain mungkin kita bisa kompare, tapi jjika tidak ada unit lain langkah yang perlu diperiksa adalah jenis lobang baut atau skrupnya. Jika lobang tersebut terbuat dari plastik bisa dipastikan berisi skrup. dan jika terbuat dari metal pasti berisi baut. Perlu diperhatikan terkadang terdapat lapisan metal pada lubang skrup, tapi tetap diisi skrup karena lapisan metal biasanya mempunyai ukuran diameter lobang lebih besar dari diameter skrup.
Redaksi menerima keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengirimkan artikel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar