Sabtu, 02 Agustus 2014

Mengatasi 24HV10E3 Polos (No Picture)

Televisi ini datang dalam keadaan telah diperiksa oleh bengkel lain dan dinyatakan positif rusak mainboardnya yaitu PE1006A. Bukan rusak T Con atau panelnya. Setelah diorder  ternyata stok modul tersebut sedang kosong. Perlu sedikit waktu untuk menunggu kedatangan modul PE1006A ini. Tapi konsumen tidak sabar menunggu, walaupun sekitar 4-5 hari saja.


Sambil menunggu saya coba periksa tegangan yang masuk ke LVDS, Nah ketahuanlah penyebabnya. Ternyata tegangan B+ 5 V, terukur hanya 1,2Volt. Letak tegangan 5 Volt ini pada pin 28,29,30 pada LVDS. Setelah diurutkan ternyata tegangan +5 V (T Con) dari power atau soket no 4 pada CN950 terukur normal.  Sebelum sampai ke T Con, tegangan ini melalui komponen Q9503, sebuah transistor berkaki 6. Dan ternyata inilah biang keladinya. Transistor tersebut ternyata rusak. Duh,……. Dimana dapat transistor ini? Karena komponen ini tidak terdaftar  pada component list yang bias diganti, sehingga tidak tersedia. Terpaksalah saya cari transistor dari PCB bekas.


Dan taraaaaaaaa akhinya televisi dapat beroperasi dengan baik. Setelah setting ulang dan touch up selesai sudah pekerjaan televisi ini.


Redaksi menerima artikel untuk pengembangan blok ini dengan mengirim email ke service.topjaya@gmail.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar