Rabu, 05 Maret 2014

TIPS DAN TRIK UPGRADE DATA

Sebelum mengunjungi keluhan konsumen, seorang teknisi tentu akan mempersiapkan semua kebutuhan yang mungkin akan dipakai untuk menyelesaikan keluhan konsumen. Sering pula keluhan kadang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Kadang ternyata hanya perlu upgrade data, tapi semua data di flashdisk dan tidak siap untuk dipakai. Walhasil harus melakukan penjadualan ulang hanya untuk melakukan upgrade data..


Jengkel karena misi gagal dan harus mengulang lagi? Padahal konsumen jauh, atau konsumen memiliki waktu yang terbatas? Berikut adalah beberapa trik agar bisa menyelesaikan tugas.
Cara pertama adalah menanyakan kepada pemilik rumah apakah ada komputer atau laptop untuk memindahkan data? Jika ada, minta izin untuk memindahkan data yang akan dipakai untuk upgrade. Jika ternyata konsumen mengatakan tidak tersedia, cobalah menanyakan warnet terdekat. Hanya dengan menyewa untuk sesaat pasti harganya sangat terjangkau. Atau rayu penunggu warnet dan minta tolong untuk memindahkan file upgrade dari komputer operator, sehingga gratis. Hehehe jangan lupa mengucapkan terima kasih,...

Eits,.. ternyata warnet juga lumayan jauh maka hal berikut ini layak untuk dicoba. Siapkan sebuah cardreader. Gak perlu yang mahal, sebagai contoh 2 buah cardreader mungil ini dibandrol seharga sebungkus rokok.

Sebuah hape, yang tuaan juga gak papa, dalam hal ini penulis memakai Haier C700. Yang penting ada slot memorinya.
Sebelum datang siapkan data upgrade. Dengan menggunakan cardreader pindahkan semua data upgrade ke sebuah folder dalam MMC/microsd. Nah masukkan MMC yang sudah berisi semuadata upgrade ke slot MMC pada hape. Dan siap berangkat...Sampai ke rumah konsumen, cocokan model. Kadang konsumen tidak memberikan data yang valid. Sekarang, buka hape dan masuk ke file manager. Pilih data upgrade yang sesuai dengan model unit konsumen, termasuk vendor panelnya. Salin data-data tersebut, dan pindahkan keluar dari folder. Kalo istilah komputernya paste ke root.

Langkah selanjutnya adalah melepas MMC dan memasangkan ke cardreader. Taraaaa anda sudah memiliki alat untuk upgrade data. gunakan cardreader sebagai pengganti Flashdisk. Lakukan proses upgrade seperti biasa. Jika ingin melakukan upgrade data untuk model lain, kembali copy paste file-file ke root.

Demikian sedikit tutorial ini semoga bermanfaat. Selamat mencoba,


Redaksi menanti keikutsertaan Anda dalam mengembangkan blog ini dengan mengirimkan artiel ke service.topjaya@gmail.com. Terima kasih.

3 komentar :

  1. Boleh saya minta firmware dan data upgrade untuk semua seri LCD & LED Toshiba Pak ? Kalau boleh, kirim ke email siscagollo@gmail.com

    BalasHapus
  2. dear Gollo,
    Jika memang memerlukan silakan hubungi call center kami 500368 untuk bantuan lebih lanjut

    BalasHapus