Senin, 23 Desember 2013

CTV 2806XH Mati Total


Ini adalah televisi legend, sejak diluncurkan awal 90-an sampai sekarang masih banyak yang memiliki.
Kerusakan yang paling sering terjadi adalah
gambar geser.
Sebuah tuner yang terhubung dengan IF, menjadi biang keladinya. Sayang Tuner EG444V sudah tidak diproduksi lagi. :-( . Tapi selalu ada jalan untuk memanfaatkan televisi ini sebagai monitor. Saat ini tersedia banyak receiver televisi siap pakai, baik direct maupun yang memakai parabola.

Demikian juga saat keluhan mati total. TEA2164 sudah discontinue.. jadi bingung dah cari penggantinya. Untung dipasaran terdapat modul Gacun (Astello) yang bisa digunakan untuk menggantikannya. Output dari catudaya adalah 160V, ini yang sering mengecoh teknisi baru. Biasanya menganggap terlalu tinggi dan perlu diturunkan. Selain itu tanpa dibebani, output akan mengayun. Tegangan bisa mencapai 200V lalu turun ke 50 an atau bahkan sampai nol.

Untuk kerusakan mati total, biasanya yang rusak adalah Transistor Horisontal output. Tipe terpasang adalah 2SD2253, tapi diganti tipe lain tidak menjadi soal.
Untuk manual service dapat dijumpai di sini.
Ini adalah posting percobaan..
Bagi rekan-rekan yang memiliki artikel dapat dikirim melalui email ke service.topjaya@gmail.com
Silakan berkontribusi dan nikmati kehebatan berbagi.
Sukses Selalu

12 komentar :

  1. Pak, mau tanya ya.
    Kalo pindahin ke av dr tv tanpa remote untuk toshiba tipe ini gimana ya.
    Trimakasih sebelumnya untuk jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear hana, untuk memindahkan ke posisi AV hanya bisa dilakukan dengan remote. Jika remote bermasalah dapat digunakan remote sesama TV Toshiba. Silakan hubungi kamtor layanan service terdekat.
      Tapi,...
      Jika ingin dimodifikasi sebenarnya TV ini memungkinkan, karena pada model 2909XH memiliki tombol AV pada panel controlnya.

      Terima kasih

      Hapus
  2. Kalau nonton tv warnax normal tapi kalu main playstation warnanya hanya hitam putih
    Knp? Mohon solusinya

    BalasHapus
  3. Sdr Zainur Rofiq, untuk salah system seperti yang anda alami, silakan tekan tombol pada panel yang ada dalam cover channel

    BalasHapus
  4. Pak mau tanya,
    Klo tv jenis ini trus kerusakan di layar hanya ada garis horizontal, tp suara normal kira2 apanya yg harus diganti ya? Mohon disertai fotonya.
    Trims sebelum nya...

    BalasHapus
  5. pak tv saya hidup waktu saya on kan tapi lampu di stanbay layar gak hidup

    BalasHapus
  6. pak tv saya toshiba model 2806XH tidak ada gambar

    BalasHapus
  7. pak mau nanya. Tv saya saya toshiba 2806xh . Waktu pertama dihidupkan lama banget terangnya/ngabut kayak soket tabung yg berjamur. Tapi aku ganti dg yg baru masih tetap gak ngaruh.dan juga pada layar waktu dihidupkn gambar getar2 tapi setelah lama dihidupkn baru normal. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya mau tanya kalau tv tiba ²mati sendiri itu bagaimana sama kalo layar tv nya tidak penuh di bagian atas???terimakasih atas jawaban nya..

      Hapus
  8. tv standby gak mau nyala setelah beberapa menit / jam mau nyala .. tegangan b+ nya cuma +65v .. kira2 apa nya yg harus di eksekusi ?

    BalasHapus